(Foto Bromo di ambil menggunakan Leica M9M Monochrome dan lensa Summilux-M 35 f/1.4 FLE)

Umumnya digital sensor di tiap kamera terdapat Bayer filter (RGB/color filter) yg bertugas untuk mengkonversi data luminance (hitam atau putih, 0 atau 1) menjadi data warna (Red Green Blue). Pada setiap proses konversi ada potensi data yang hilang menyebabkan hasil akhir tidak 100% sama dg input di awal. Logika ini yg mendasari dibuatnya sensor Monochrome dan dipakai Leica di kamera Monochrome mulai dari M9M Monochrome, M246 Monochrome dan sekarang M10M Monochrome!

Sensor Monochrome hanya bertugas menangkap data luminance. Tidak ada proses konversi dan interpolasi, tidak ada data yang hilang. Datanya lengkap. Gambar akhir jadi lebih tajam. Bisa dibuktikan pake lensa M Pre Asph seperti Summicron-M 35 f/2 Bokeh King dipasang di bodi kamera Leica M240 (atau bodi lain) akan berbeda hasilnya jika dipasang di Leica M Monochrome. Ketajamannya pasti beda.

Diperkirakan filter warna yg terpasang di sensor color mengabsorb cahaya sekitar 1 sampai 2 stop. Filter Green mengaborb Red dan Blue channel, demikian juga filter Blue dan Red. Sebaliknya sensor Monochrome tidak mengabsorb channel RGB sehingga mendapatkan exposure 1-2 stop lebih banyak dr sensor color. Ini sebabnya sensor Monochrome saturasi lebih tinggi dan mudah over exposed. Base ISO menjadi 1 stop lebih tinggi dari kamera normal lainnya. Leica M10 Monochrome kali ini mempunyai base ISO 160 (sebanding ISO 80 di kamera normal). Konsekuensi logisnya dynamic range lebih lebar dari Monochrome tipe sebelumnya (base ISO 320 di seri lama). Dan buat kita sebagai user, perlu perhatikan metering yang tepat di tiap pengukuran cahaya agar tidak over exposed.

Di High ISO seperti 12800, kita mendapatkan hasil gambar seperti di exposure ISO 6400 kamera normal. Akibatnya noise menjadi lebih halus dan tidak mengganggu. Dan fakta bahwa noise yang dihasilkan adalah luminance noise, bukan chroma noise, membuat Monochrome noise lebih manageable, lebih pleasing!

Dengan segala hal tehnis yang dibahas tsb, pada akhirnya adalah pilihan kita menggunakan kamera Monochrome mempengaruhi cara kita melihat obyek. Karena hasil akhirnya black and white, apapun warna dan temperatur cahaya didepan kita, maka kita mulai fokus dengan komposisi, gradasi dan manipulasi terang gelap yang kita inginkan. Proses berpikirnya jadi beda. So the fun begins!

Tertarik dengan Leica M10M Monochrome? Kontak JKLENSA KAMERA Toko Kamera di Surabaya, dealer resmi LEICA INDO di Surabaya untuk harga dan stok.

Salam,

JK